Penyakit Orchitis

Diposting pada

penyakit orchitisPenyakit Orchitis

Jika Anda laki-laki dewasa, Anda mungkin pernah mendengar bahwa penyakit gondok dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Virus penyakit orchitis yang dimana artinya adalah peradangan pada satu atau kedua buah pelir, paling sering dikaitkan dengan virus yang menyebabkan gondok.

Sekitar sepertiga pria yang mengalami gondok menderita penyakit orkitis. Untungnya, infertilitas akibat gondok terkait gondok jarang terjadi, terutama bila hanya ada satu testis yang meradang.

Penyebab lain dari orchitis biasanya adalah bakteri, termasuk penyakit menular seksual (PMS). Cara terbaik untuk mencegah orkitis adalah mencegah gondok dan menghindari perilaku yang menyebabkan PMS. Sedangkan gejala dari orchitis ialah:

  1. Bengkak testis pada satu atau kedua sisi
  2. Nyeri mulai dari yang ringan hingga berat
  3. Kelembutan pada satu atau kedua buah pelir
  4. Mual
  5. Demam
  6. Pengeluaran cairan dari penis penyakit gonore
  7. Darah dalam air mani

Istilah pada “nyeri testis” juga “nyeri pangkal paha” kadang-kadang digunakan secara bergantian. Tapi nyeri pangkal paha terjadi di lipatan kulit antara paha dan perut – bukan di testis. Selain itu, penyebab nyeri pangkal paha berbeda dengan penyebab nyeri testis.

Penyebab Penyakit Orchitis

Sejumlah organisme bakteri dan virus dapat menyebabkan orkitis, Paling sering, bakteri orchitis adalah hasil dari epididimitis, radang tabung yang melingkar (epididimis) yang menghubungkan vas deferens dan testis. Vas deferens membawa sperma dari testis Anda.

Saat peradangan di epididimis menyebar ke testis, kondisi yang dihasilkan dikenal sebagai epididymo-orchitis. Epididimitis biasanya disebabkan oleh infeksi uretra atau kandung kemih yang menyebar ke epididimis.

Seringkali penyebab infeksi adalah PMS, terutama pengobatan gonore atau klamidia. Kejadian epididymo-orchitis menular seksual yang paling banyak terjadi pada pria berusia 19 sampai 35 tahun.

Bentuk infeksi yang ditularkan secara non-seksual dapat dikaitkan dengan kelainan anatomis di saluran kemih atau memiliki kateter atau alat medis yang dimasukkan ke dalam penis. Sebagian besar kasus virus  orchitis adalah hasil gondok.

Sekitar sepertiga pria yang mengalami gondok setelah pubertas menderita penyakit orchitis selama gondongan mereka, biasanya empat sampai enam hari setelah terkena gondok.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, yang dapat menunjukkan kelenjar getah bening yang membesar di selangkangan Anda dan testis yang membesar pada sisi yang terkena. keduanya mungkin lembut untuk disentuh. Dokter orchitis Anda juga mungkin melakukan pemeriksaan rektal untuk memeriksa pembesaran prostat.

Pengobatan Penyakit Orchitis

Pengobatan untuk virus orchitis, jenis yang terkait dengan gondong, ditujukan untuk menghilangkan gejala. Dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit, obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen (Motrin, Advil, lain-lain) atau naproxen (Aleve, Anaprox, lainnya).

Selain tindakan untuk meringankan ketidaknyamanan, bakteri orchitis dan epididymo-orchitis memerlukan perawatan antibiotik.

Jika penyebab infeksi adalah PMS, pasangan seksual Anda juga memerlukan pemeriksaan. Pastikan untuk mengambil seluruh program antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter. Bahkan jika gejala Anda membaik lebih cepat, rutin kontrol untuk memastikan bahwa infeksi telah diberantas.

Jika anda mengalami keluhan dan gejala seperti diatas hubungi klinik pandawa, konsultasi online gratis dengan dokter. Klinik pandawa adalah klinik kelamin yang terbaik di jakarta pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *